TRANSLATE HERE

Kamis, 07 April 2011

Deretan Wisata Alam Kabupaten Karo

Ketika Mengunjungi Propinsi Sumatera  utara , ada sebuah kabupaten wisata yang cukup menarik dan menyimpan segudang potensi untuk di jadikan persinggahan turis lokal dan mancanegara , kabupaten tersebut bernama kabupaten karo .diselimuti pegunungan bukit barisan , memancarkan aura tersendiri bagi pengunjung .berikut data objek wisata yang dapat kita temukan di kabupaten karo:
  1.    Air Terjun Sikulingkap 
air terjun sikulingkap
Berada di didesa douluh tersembunyi diantara hutan asri sibolangit dan berjarak 11 kilometer dari jantung kota berastagi.Air terjun ini mempunyai ketinggian jatuh 30 m , diantara hutan tropis yang bersemayam di sini, dapat kita temukan hewan-hewan primata , gibon yang bergelantungan berteriak bersahut-sahutan .seakan menyoraki hati kecil para pengunjung .juga iring –iringan kupu –kupu indah yang terbang mengitari air terjun ini

    Panorama Doulu ( Penatapan ) 
    Penatapan
    Ketika tiba di gerbang kabupaten karo melalui jalur kota medan , anda disambut  warung –warung sederhana yang menyajikan jagung bakar dan rebus sebagai menu khas nya.Kelok –kelok pegunungan akan terobati di sini, dari tempat ini pula kita bisa melihat secara utuh pemandangan kota bandar baru, jika cuaca cerah maka kitta juga bisa melihat medan secara kontemprorer. Penatapan terletak di pinggir jalan lintas medan-berastagi km. 54.
           Pemandian Air  Panas Lau debuk-debuk
    lau sidebuk-debuk
    O bjek wisata ini menyajikan pemandian air panas belerang yang bersumber langsung dari perut bumi gunung sibayak.mengandung unsur belerang yang dapat bermanfaat mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal, dan biasa dibuat sebagai pengganti mandi sauna.
         Pemandian alam semangat gunung
    Tak jauh dari dari pemandian lau debuk –debuk , menyajikan pemandian alam air panas yang telah di kelola secara profesional dalam bentuk kolam-kolam renang yang suhunya berbeda –beda sesuai dengan keinginan para wisatawan. Mata air yang berasal dari perut bumi yang mengandung unsur belerang . berjarak 14 km dari kota berastagi
    5.       Gunung berapi sibayak dalam keadaan aktif berlokasi diatas ketinggian 2172 m dari permukaan laut . dari puncak gunung terlihat kawah yang masih aktif mengeluarkan asap sulftara dan pemandangan indah dan menawan dari kota berastagi ketempat awal pendakian dari desa raja berneh adalah 15 kilometer lama
    pendakian di perkirakan 2 sampai 3 jam
    .
      Taman Hutan Raya Bukit Barisan

     
    Taman hutan raya bukit barisan merupakan taman hutan raya ketiga di Indonesia yang di tetapkan berdasarkan keputausan Presiden Republik Indonesia RI . No. 48 tahun 1998 tanggal 19 November 1998. Taman Hutan raya bukit barisan merupakan kelompok hutan yang terdiri dari kawasan hutan lindung yang meliputi Sibayak I, Simancik II, dan Sinabung serta kawasan konservasi terdiri dari CA/TW sibolangit, SM langkat selatan,TWA Lau debuk –debuk dn bumi perkemahan sibolangit . Taman Hutan Raya Bukit Barisan merupakan kesatuan barisan merupakan kesatuan yang terdiri dar i
    -Hutan Lindung Seluas 38.273 Ha
    -Taman Nasional Gunung Leuser 13.000 Ha
    -Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit seluas 200 Ha
    -Cagar Alam Sibolangit seluas 120 Ha
    - Taman wisata lau debuk-debuk seluas 7 ha
                    Objek wisata ini merupakan kawasan hutan seluas 7 ha yang di tumbuhi berbagai jenis kayu-kayuan hutan tropis berusia diatas 60 tahun dan di dalamnya berkembang berbagai spesies kupu-kupu langka . Di objek wisata ini di pelihara gajah yang dpat di manfaatkan sebagai transportasi wisatawan untuk mengelilingi hutan . Jarak dari berastagai keobjek wisata Ini adalah 5 km.

    Pasar  buah tradisional Berastagi 
    Pasar Tradisional ini tidak jauh dari jantung kota berastagi , pasar ini sangat menarik dikunjungi oleh wisatawan karena tempat ini selalu berlangsung transaksi jual beli hasil pertanian dari petani langsung kepada pembeli.
    Taman Menjuah –juah Berastagi
    Taman ini berlokasi dikota berastagi dengan luas sekitar 6 ha tempat ini ditumbuhi oleh tanaman dan bunga –bungaan yang indah . Tempat ini biasanya di pergunakan sebagai tempat rekreasi.
      Bukit Gundaling 
     
    Bukit ini di tumbuhi oleh pohonkayu dan bunga-bungaan sudah di kenal sejak zaman penjajahan belanda yang merupakan tempat rekreasi bagi para wisatawan mancanegera maupun wisatawan nusantara . Dari puncak bukit terlihat panorama indah kota berastatgi , gunung sibayak dan gunung sinabung , jarak dari kota berastagi ke bukit gundaling adalah 2 km  dan dapat di tempuh dengan menggunakan bus berukuran kecil dan besar.
    Danau Lau Kawar
    Danau ini memiliki  luas 200 Ha . Diapit oleh alam pegunungan yang ditumbuhi pohon –pohon kayu hutan tropis dan di pinggiran danau terbentuk lahan seluas 3 Ha sebagai lokasi tempat berkemah . di Lokasi ini dapat di lakukan pendakian kepuncak gunung sinabung melewati hutan belantara . Jarak dari kota berastagi ke objek wisata ini 27 Km dan dapat menggunakan kendaraan roda empat melintasi beberapa desa dan lahan pertanian.
     Gunung Sinabung
    Gunung berapi sinabung berlokasi diatas ketinggian 2454 meter dari permukaa n laut Pendakian Melewati belantara tropis dan tebing yang penuh dengan tantangan , dan puncak gunung terdapat hamparan untuk berkemah dari puncak gunung terlihat kawah yang mengeluarkan asap sulfatara serta pemandangan indah yang menawan. Jarak dari kota berastagi ketempat awal pendakian Gunung Sinabung 27 Km Yaitu dari desa Kuta Gugung Lau Kawar memakan waktu 2-3 Jam.
          Gua Liang Dahar
    Mempunyai 3 Ruang Besar dengan Ukuran masing masing 500 m2, 400 m2 ,dan 300 m , serta ruang ukurankecil lainnya di dialam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil desa Bekerah , Jarang dari kota berastagi ke objek wisata ini 40 Km , Sampai di didesa Lau Buluh dapat menggunakan kendaraan roda 4 selanjutnya  berjalan kaki 30 Menit
     Deleng Kutu
    Deleng kutu satu di antara gugusan bukit yang mengelilingi kota Berastagi di tumbuhi oleh aneka jenis kayu hutan tropis, berudara sejuk dan nyaman Dari puncak bukit terlihat hamparan lahan pertanian rakyat , Kota berastagi dan kota Kabanjahe . ( 7 Km dari kota Berastagi )
            Arung Jeram Sungai Lau Blang
    Arun g Jerang  seharian dapat di lakukan di sungai “Lau Blang” . perjalanan di mulai dri desa Bintang Meriah dan dalam waktu 8 Jam tiba di didesa Limang . Sungai mengalir dari kebun –kebun penduduk dan bukan hutan rimba yang belum pernah di jamah, seorang pelancong sering mengkombinasikan antara arung jeram dan bersafari jeep yang akan berakhir di bahorok dekat bukit lawang selama 3 Hari . Perjalanan melalui bagian dari taman nasional gunung leuser ( 35 Km dari berastagi)
    Air terjun sipiso –Piso  
    Air Terjun Ini mempunyai ketinggian jatuh 120 meter dan dilatar belakangi panorama indah Danau toba , bukit –bukit , bentangn pulau samosir berwarna biru , pematang sawah dan ladang , Jarak dari kota Berastagi ke objek wisata ini 35 Km dan dapat menggunakan kendaraan ukuran kecil dan besar .
      
       Gunung sipiso –piso 
    Daerah wisata gunung sipiso-piso dapat depergunakan untuk olah raga dirgantara, lokasi untuk paralayang , dimana lokasi start dimulai dari puncak gunung sipiso –piso dan lokasi untuk mendarat berada di pinggiran Danau Toba –Tongging . Lokasi ini sudah lama di kenal sebagai lokasi olahraga air paralayang. Lokasi ini berada 34 Km dari BerastagI Pemandangan Dilokasi ini sungguh menarik
    Tongging
    Tongging adalah tempat yan gnyaman untuk santai dan juga merupakan tempat yang menarik untuk di kunjungi . Berlokasi di sebelah ujung Utara Danau Toba dengan pemandangan alam yang sangat indah , Jalan yang curam dan berliku menuju bukit merek dari sebelah kanan. Jalan ini kita dapat melihat keagungan air terjun sipiso –piso . Letak tongging Sangat cocok sekali karena berada pada jalan utama Menuju Medan-Berastagi DAN sidikalang –Kuta Cane  dengan kawasan Nasional Leuser atau ke Aceh Singkil . Tongging berada di tengah –tengah daerah yang di alami tiga suku Batak Toba, Pak –Pak dan Karo yang bercampur baur menggunakan bahasa lokal


    DAFTAR BIRO PERJALANAN Agen perjalanan
    Kabupaten Karo


    No


    BIRO
    PERJALANAN

    ALAMAT

    TELEPON


    1

    PT.
    SEMPAKATA TRAVEL


    Jl.
    Veteran no. 14 Kabanjahe

    0628-324019

    2

    PUTRI  CAHAYA HOTEL

    Jl.
    Meriem  ginting no. 64 Kabanjahe

    0628-20997

    3

    KARTIKA
    TOUR TRAVEL


    Jl.
    Kapt. Bangsi sembiring no. 18 Kabanjahe

    0628-324083


    4

    PT.
    PESIAR INDAH TRAVEL

    Jl.
    Veteran  No. 14 Berastagi


    0628-91514

    5


    PT.
    TRANS SIBAYAK TOUR & TRAVEL

    Jl.
    Veteran no. 119 Berastagi

    0628-91122

    0 komentar:

    Posting Komentar